Widget HTML Atas

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 3.4)

Mengidentifikasi Kekurangan Teks Cerita Moral/ Fabel (KD 3.4)--
Pembelajaran dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan dengan mengarahkan peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber belajar dan proses pembelajarannya menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi masalah yang ingin/perlu diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mengumpulkan data/informasi dengan berbagai teknik, mengolah/menganalisis data/informasi dan menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan jawaban/kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Kali ini, kamu berlatih mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/ fabel.

Dalam kegiatan inti, guru kamu memulai pembelajaran dengan menampilkan teks berjudul “Kelinci Sang Penakluk". Tugas kamu mengamati kedua teks tersebut. Selanjutnya, kamu boleh saling bertanya dengan anggota kelompok atau bertanya langsung kepada gurumu tentang hal-hal yang belum jelas terkait mengidentifikasi kekurangan teks cerita moral/ fabel, menemukan bagian struktur apa yang tidak ada.
Setelah memahami teorinya, kamu berdiskusi dengan kelompokmu untuk mengidentifikasi struktur yang tidak ada, penggunaan kata, keterkaitan antarparagraf, karakter tokoh, dan nilai moral yang terdapat pada teks tersebut.
Kemudian, cobalah menuangkan hasil sidkusi kalian di LKS yang disediakan.
Kegiatan terakhir adalah mengomunikasikan hasil kerja kalian di depan kelas. Tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan dan menjawab tanggapan dari kelompok lain.
Ingat, guru juga menilai sikap kalian saat melakukan tahapan kegiatan tersebut selain menilai pengetahuan kamu mengidentifikasi kekurangan teks tersebut.

Untuk menunjang keberhasilan kamu mengikuti pembelajaran ini, kamu harus menguasai:
1. Struktur teks cerita moral/ fabel.
2. struktur kalimat.
3. Penggunaan kata sandang.
4. Karakter tokoh dan nilai moral yang terkandung.
Cari juga bahan tentang ini di blog ini melalui kolom pencarian bagian kanan atas blog ini.

Selamat belajar generasi penuh imajinasi....
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!