Widget HTML Atas

Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP (Kurikulum 2013)

Kurikulum 2013 berorientasi pada pengembangan soft skills (KD 1 dan 2) dan hard skills (KD 3 dan 4). KD 1 merupakan pengembangan kompetensi sikap religius, KD 2 merupakan pengembangan sikap sosial, KD 3 merupakan pengembangan aspek pengetahuan, dan KD 4 merupakan pengembangan aspek keterampilan.
Dalam hal belajar, kita harus punya tujuan. Berikut ini merupakan tujuan (Kompetensi Dasar) yang hendak dicapai di kelas IX. Selamat belajar buat kalian yang sekolahnya melaksanakan Kurikulum 2013.

Update:

Kompetensi Dasar (KD) 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1 Keberagaman bahasa dan budaya.
1.2 Memahami informasi lisan dan tulis.
1.3 Menyajikan informasi lisan dan tulis.

Kompetensi Dasar (KD) 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1 Memberikan makna kejadian dalam konteks budaya masyarakat.
2.2 Mengapresiasi karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna dalam hal pesan dan nilai-nilai budaya.
2.3 Berdiskusi: Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membantah sebuah sudut pandang tentang suatu masalah.
2.4 Karya Ilmiah: Memiliki rasa percaya diri dan semangat dalam kegiatan ilmiah dan menceritakan kembali kesimpulan hasil kegiatan ilmiah.

Kompetensi Dasar (KD) 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1 Memahami teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
3.2 Membedakan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3 Mengklasifikasi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.

Kompetensi Dasar (KD) 4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1 Menangkap makna teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan.
4.2 Menyusun teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan.
4.3 Menelaah dan merevisi teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4.4 Meringkas teks eksemplum, tanggapan kritis, tantangan, dan rekaman percobaan baik secara lisan maupun tulisan.
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!