Widget HTML Atas

SOAL | Menentukan Persamaan Isi Berita

SOAL | Menentukan Persamaan Isi Berita---
SOAL 1 :

Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Menjelang akhir tahun dan menyambut tahun baru, Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan untuk tidak melalui jalur Puncak. Pengguna kendaraan diminta mencari jalan alternatif. Hal itu untuk menghindari kemacetan di jalur Puncak.

Teks Berita 2
Kapolres Bogor meminta pengguna kendaraan dari wilayah Jabodetabek yang menuju kota Bandung dan sekitarnya tidak melalui jalur Puncak. Para pengguna kendaraan diminta melalui tol Cipularang atau lewat jalur Sukabumi.

Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ...
A. Pengguna kendaraan diminta tidak melewati jalur Puncak.
B. Rencana pemberlakuan satu jalur di Puncak menjelang tahun baru.
C. Pengalihan tujuan pengguna kendaraan yang menuju Bandung.
D. Padatnya pengguna kendaraan dan rencana pengalihan pada akhir tahun

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana).

Teks 1: tidak melalui jalur puncak (apa, kalimat pertama); teks 2: tidak melalui jalur Puncak (apa, kalimat pertama)

SOAL 2:
Teks 1
Salah satu dari dua mesin pesawat Boeing 737-800 milik Cina Airlines (Taiwan) meledak dan membakar seluruh badan pesawat di Bandara Naha, Okinawa, Jepang, Senin (20/8). Ledakan terjadi beberapa saat setelah pesawat tiba dari Taiwan. Seluruh 165 penumpang dan awak pesawat selamat.
Teks 2
Akibat mengabaikan peringatan Badan Meteorologi dan Geofisika, dua kapal motor, KM Fajar Mas dan KM Mutiara Indah, Kamis dan Jumat (20/7) pekan ini, tenggelam di perairan Majene, Sulawesi Barat. Semua awak kapal selamat, namun kemarin dua nakhoda kapal motor berikut para awaknya masih dimintai keterangan oleh aparat Polres Majene. Mereka dinilai mengabaikan aspek-aspek keselamatan pelayaran.
. . . .
Persamaan berita di atas adalah . . . .
a. kecelakaan
b. pesawat meledak
c. kecelakaan transportasi
d. tenggelamnya kapal motor

Kunci: C

Soal 3:
Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya maintenance dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi mengenai penerbangan sipil karena tidak ada sanksi tegas regulator.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. “Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca. Karena itu, 70% dominan faktor manusianya, jadi tidak bisa 100% menyalahkan alat-alat yang dianggap kurang akurat,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
a. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
b. jumlah korban kecelakaan pesawat
c. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
d. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

Kunci: A

SOAL 4:
Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.

Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau ... agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00.
Teks II: Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan ... mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB.

.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!